Pertumbuhan dan Perkembangan   1 comment

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP 2 BANGUNTAPAN

Mata Pelajaran            : IPA

Kelas/Sem                   : 8 / 1

Standar Kompetensi   : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar       :1.1.Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup .

Indikator                     :

  • Siswa dapat menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
  • Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
  • Siswa dapat melakukan pengukuran dengan benar
  • Siswa dapat menyebutkan bahan-bahan kimia yang diperlukan untuk pertumbuhan makhluk hidup.
  1. A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah melakukan kegiatan ini siswa dapat :

  1. Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
    1. Menyebutkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.
    2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
    3. Menngukur dengan benar
    4. Menyebutkan bahan-bahan kimia yang mempengaruhi pertumbuhan makhluk hidup
    5. Teliti dalam mengidentifikasi faktor-faktor pertumbuhan makhluk hidup
  1. B.    MATERI PEMBELAJARAN
  1. C. Alokasi Waktu     : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan )
  1. D. METODE PEMBELAJARAN
    1. Model              : Direct Instruction, Kooperatif Learning
    2. Metode            : Praktikum, studi pustaka, diskusi informasi
  1. E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

PENDAHULUAN

  • Motivasi dan Apersepsi :

Guru menanyakan hasil percobaan telah dilakukan di rumah. Adakah perubahan pada biji setelah  ditanam oleh siswa. Siswa diminta menunjukkan hasil pertumbuhan kecambah masing-masing.

INTI

  • Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru.
  • Guru menunjukkan pertumbuhan kecambah di tempat terang dan gelap.
  • Siswa melakukan diskusi kelompok dari data hasil percobaan yang dilakukan dirumah dan membedakan pertumbuhan kecambah ditempat terang dan gelap.
  • Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan di depan kelas, kemudian siswa yang lain memberi tanggapan.

PENUTUP

  • Siswa membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
  • Guru memberi tes lisan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
  • Guru memberikan tugas mencari contoh lain pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. F. SUMBER BELAJAR
  • Buku Biologi kelas 8, karangan … hal …..(buku yang ada di sekolah)
  • LKS buatan guru tentang data hasil pertumbuhan kecambah
  • Buku referensi lain yang relevan
  • Biji-bijian, kapas , air dan gelas aqua

  1. G. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Teknik   :

  • Tes tertulis
  • Tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen :

  • Tes uraian
  • Uji petik produk

3. Contoh instrumen         :

a. Tes uraian

  • Jelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan!

Kunci : Pertumbuhan adalah bertambahnya jumlah sel dan ukuran (volume) tubuh secara irreversibel. Perkembangan adalah perubahan struktur dan fungsi tubuh.

  • Tuliskan 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup!

Kunci  : makanan, air, cahaya , hormon, gen, kelembaban dan suhu (pilih 4 saja)

b. Tes uji petik kerja prosedur dan produk

Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh jawablah pertanyaan berikut ini!

  1. Berapakah rata-rata pertambahan panjang batang dalam satu hari?
  2. Apakah yang menyebabkan pertambahan panjang kecambah?
  3. Peristiwa apakah yang pertambahan panjang pada kecambah tersebut?
  4. Munculnya daun pada kecambah disebut peristiwa ….
Kepala Sekolah Bantul, 13 Juli 2010
Penyusun
Kin Tukinami, S.Pd Adi Cahyono, S. Pd
NIP 195112071975012002 NIP197503242006041015

Materi

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Proses “PERTUMBUHAN” merupakan proses pertambahan ukuran sel atau organisme. Pertumbuhan ini bersifat kuantitatif/ terukur dengan alat ukur.

Proses “PERKEMBANGAN” merupakan proses menuju kedewasaan pada organisme. Proses ini berlangsung secara kualitatif.

Baik pertumbuhan atau perkembangan bersifat irreversibel.

PERTUMBUHAN YANG TERJADI PADA TUMBUHAN

Pertumbuhan dan pekembangan pada tumbuhan diawali dari zigot yang merupakan hasil pembuahan sel kelamin betina (ovum) dengan jantan (sperma). Pembelahan zigot menghasilkan jaringan meristem yang akan terus membelah dan mengalami diferensiasi.

Diferensiasi adalah perubahan yang terjadi dari keadaan sejumlah sel, membentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda.

Terdapat 2 macam pertumbuhan, yaitu:

1. Pertumbuhan Primer

Terjadi sebagai hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer. Berlangsung pada embrio, bagian ujung-ujung dari tumbuhan seperti akar dan batang.

Embrio memiliki 3 bagian penting :
a. tunas embrionik yaitu calon batang dan daun
b. akar embrionik yaitu calon akar
c. kotiledon yaitu cadangan makanan

Gbr. Embrio Tumbuhan mulai tumbuh menjadi tanaman

Pengamatan pertumbuhan tanaman dengan mengamati pertambahan tinggi tanaman. Pertumbuhan tanaman dapat diukur dengan alat yang disebut auksanometer (gambar di bawah ini).

Daerah pertumbuhan pada akar dan batang berdasar aktivitasnya tcrbagi menjadi 3 daerah
a. Daerah pembelahan
Sel-sel di daerah ini aktif membelah (meristematik)
b. Daerah pemanjangan
Berada di belakang daerah pembelahan
c. Daerah diferensiasi
Bagian paling belakang dari daerah pertumbuhan. Sel-sel mengalami
diferensiasi membentuk akar yang sebenarnya serta daun muda dan
tunas lateral yang akan menjadi cabang.

2. Pertumbuhan Sekunder

Merupakan aktivitas sel-sel meristem sekunder yaitu kambium dan kambium gabus. Pertumbuhan ini dijumpai pada tumbuhan dikotil, gymnospermae dan menyebabkan membesarnya ukuran (diameter) tumubuhan. diameter dapat diukur dengan melingkarkan meteran pada batang tumbuhan.

About these ads

Posted July 23, 2010 by cahyoadi24ok in Uncategorized

One response to “Pertumbuhan dan Perkembangan

Subscribe to comments with RSS.

  1. bagus aku pingin mencoba mengukur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: